Kumpulan Peraturan Terkait Desa

PENGANTAR

Desa atau yang disebut dengan nama lainnya (penyebutan di beberapa wilayah NKRI beragam) telah ada sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk. Dalam sejarah pengaturan Desa, telah ditetapkan beberapa pengaturan tentang Desa, yaitu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1948 tentang Pokok Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1965 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 1965 tentang Desa Praja Sebagai Bentuk Peralihan Untuk Mempercepat Terwujudnya Daerah Tingkat III di Seluruh Wilayah Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan di Daerah, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, dan terakhir dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Pada tahun 2014 dengan pertimbangan:

  1. bahwa Desa memiliki hak asal usul dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat dan berperan mewujudkan cita-cita kemerdekaan berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  2. bahwa dalam perjalanan ketatanegaraan Republik Indonesia, Desa telah berkembang dalam berbagai bentuk sehingga perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera; dan
  3. bahwa Desa dalam susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan perlu diatur tersendiri dengan undang-undang.

Maka Negara melalui mekanisme legislasi mengatur desa kembali melalui Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Desa dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 didefinisikan sebagai berikut:

Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

https://pamongpraja.id/2019/02/10/undang-undang-nomor-6-tahun-2014-tentang-desa/

Banyak sekali peraturan-peraturan yang mengatur hal-hal tertentu terkait desa mulai dari tingkatan pusat sampai dengan yang ada di daerah. Sebagai praktisi, saya merasakan betul terkadang kita kesulitan mencari referensi produk hukum terkait desa, entah untuk keperluan penyusunan laporan, materi pembinaan, materi evaluasi, penelitian, atau keperluan lainnya.

Karena merasakan sendiri, maka saya berusaha mengumpulkan referensi produk hukum terkait desa dengan harapan dapat membantu mempermudah para Pamong Praja, Pamong Desa, Praktisi lainnya serta berbagai pihak dalam mencari referensi peraturan yang berhubungan dengan desa sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Dan InsyaAllah akan berusaha diupdate terus.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.


UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG


PERATURAN PEMERINTAH


PERATURAN MENTERI DAN LEMBAGA NASIONAL

Peraturan Menteri Dalam Negeri


Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi


Peraturan Menteri Keuangan


Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga


Peraturan Menteri Kehutanan

Daftar Peraturan Menteri Kehutanan terkait dengan Desa


Peraturan Lembaga Nasional


MUATAN LOKAL

Peraturan Daerah

Peratruran Daerah Kabupaten Lumajang


Peraturan Bupati

Peraturan Bupati Lumajang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.