Mengenal Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

Apa Sich PKK Itu?

PKK Sebagai Suatu Gerakan

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang selanjutnya disebut dengan Gerakan PKK adalah gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya Keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

PKK Sebagai Suatu Lembaga

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang selanjutnya disingkat PKK adalah salah satu lembaga kemasyarakatan Desa/Kelurahan yang mewadahi partisipasi masyarakat dalam bidang pemberdayaan kesejahteraan keluarga yang berada di tingkat rukun warga dan rukun tetangga atau sebutan lain yang mengoordinasikan kelompok dasawisma.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang selanjutnya disingkat TP PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi/lembaga kemasyarakatan lainnya, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

Siapakah yang Menyelenggarakan Gerakan PKK?

Penyelenggara Gerakan PKK Tingkat Nasional

Menteri Dalam Negeri menyelenggarakan menyelenggarakan Gerakan PKK secara Nasional. Dalam pelaksanaannya, Menteri Dalam Negeri mendelegasikan penyelenggaraan Gerakan PKK secara Nasional kepada Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa.

Menteri Dalam Negeri dalam menyelenggarakan Gerakan PKK secara nasional membentuk TP PKK pusat. Susunan kepengurusan TP PKK pusat ditetapkan dengan keputusan Menteri, yang di dalamnya paling sedikit memuat rincian tugas dan fungsi TP PKK pusat.

Penyelenggara Gerakan PKK Tingkat Provinsi

Gubernur  melalui Perangkat Daerah yang membidangi pemberdayaan dan pemerintahan Desa melaksanakan dan mengoordinasikan Gerakan PKK di wilayahnya.

Gubernur dalam menyelenggarakan Gerakan PKK membentuk TP PKK provinsi. Susunan kepengurusan TP PKK provinsi ditetapkan dengan keputusan gubenur yang paling sedikit memuat rincian tugas fungsi TP PKK provinsi.

Penyelenggara Gerakan PKK Tingkat Kabupaten/Kota

Bupati/Wali Kota  melalui Perangkat Daerah yang membidangi pemberdayaan dan pemerintahan Desa melaksanakan dan mengoordinasikan Gerakan PKK di wilayahnya.

Bupati/wali kota dalam menyelenggarakan Gerakan PKK membentuk TP PKK kabupaten/kota. Susunan kepengurusan TP PKK kabupaten/kota ditetapkan dengan keputusan bupati/wali kota yang paling sedikit memuat rincian tugas fungsi TP PKK kabupaten/kota.

Rincian Susunan Kepengurusan TP PKK Kabupaten/Kota, silahkan baca ketentuan Pasal 6 Permendagri Nomor 36 Tahun 2020.

Penyelenggara Gerakan PKK Tingkat Kecamatan

Camat melalui kepala seksi yang membidangi pembangunan melaksanakan dan mengoordinasikan Gerakan PKK di Kecamatan.

Camat dalam menyelenggarakan Gerakan PKK membentuk TP PKK Kecamatan.

Susunan kepengurusan TP PKK di Kecamatan ditetapkan dengan keputusan bupati/wali kota yang ditandatangani camat  atas nama bupati/wali kota yang paling sedikit memuat rincian tugas fungsi TP PKK Kecamatan.

Rincian Susunan Kepengurusan TP PKK Kecamatan, silahkan baca Pasal 7 Permendagri Nomor 36 Tahun 2020.

Penyelenggara Gerakan PKK Tingkat Desa/Kelurahan

Kepala Desa/Lurah melalui kepala urusan pembangunan melaksanakan dan mengoordinasikan Gerakan PKK di Desa.

Kepala Desa dalam menyelenggarakan Gerakan PKK membentuk TP PKK Desa. Dan Lurah dalam menyelenggarakan Gerakan PKK membentuk TP PKK Kelurahan.

Susunan kepengurusan TP PKK Desa ditetapkan dengan keputusan kepala Desa yang paling sedikit memuat rincian tugas fungsi TP PKK Desa.

Rincian Susunan Kepengurusan TP PKK Desa silahkan baca ketentuan Pasal 8 Permendagri Nomor 36 Tahun 2020.

Susunan kepengurusan TP PKK di Kelurahan ditetapkan dengan keputusan bupati/wali kota yang ditandatangani lurah atas nama bupati/wali kota yang paling sedikit memuat rincian tugas dan fungsi TP PKK Kelurahan.

Rincian Susunan Kepengurusan TP PKK Kelurahan silahkan baca ketentuan Pasal 9 Permendagri Nomor 36 Tahun 2020.

Kepala Desa/lurah bersama masyarakat dalam pelaksanaan Gerakan PKK membentuk kelompok PKK sebagai lembaga kemasyarakatan Desa/Kelurahan sesuai kondisi wilayah masing-masing. Kelompok PKK tersebut terdiri atas:

  1. kelompok PKK lingkungan/dusun;
  2. kelompok PKK rukun warga; dan
  3. kelompok PKK rukun tetangga.

Susunan Kepengurusan Kelompok PKK dimaksud, terdiri atas:

  1. ketua;
  2. sekretaris;
  3. bendahara; dan
  4. bidang sesuai kebutuhan.

Kepengurusan kelompok PKK sebagaimana dimaksud ditetapkan dengan keputusan kepala Desa (untuk wilayah desa) dan keputusan bupati/wali kota yang ditandatangani oleh lurah atas nama bupati/wali kota (untuk wilayah kelurahan).

Apa Itu Dasawisma?

Dalam mempercepat pelaksanaan Gerakan PKK di masyarakat kepala Desa/lurah membentuk kelompok dasawisma yang terdiri atas 10 (sepuluh) rumah sesuai kondisi wilayah masing-masing.

Kelompok dasawisma dikoordinir oleh 1 (satu) orang kader yang berasal dari kelompok yang bersangkutan. Koordinator Dasawisma bertanggung jawab kepada kepada kelompok PKK rukun warga/rukun tetangga.

Koordinator Dasawisma dimaksud ditetapkan dengan keputusan kepala Desa (untuk wilayah desa) dan keputusan bupati/wali kota yang ditandatangani oleh lurah atas nama bupati/wali kota (untuk wilayah kelurahan).

Peraturan Perundang-undangan yang Menjadi Dasar Gerakan PKK

Untuk mempelajari lebih lanjut terkait Gerakan PKK, silahkan baca peraturan berikut:

  1. Perpres Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan dan Kesejahteraan Keluarga
  2. Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.