Mengenal Cryptocurrency


Apa Itu Cryptocurrency?

Kata “cryptocurrency” berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Ketika itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak lawan.”

~ Akseleran

“Mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.”

~ Wikipedia

“Cryptocurrency adalah jenis mata uang digital yang mengandalkan bukti kriptografi konfirmasi transaksi. Cryptocurrency biasanya mencapai kombinasi unik dari tiga fitur: memastikan anonimitas terbatas, kemerdekaan dari otoritas pusat dan serangan pengeluaran ganda perlindungan. Tidak ada kelompok mata uang lain, termasuk mata uang fiat, yang memiliki kombinasi fitur ini.”

~ Jan Lansky

Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer. Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan cryptocurrency. Penambang cryptocurrency adalah mencatat transaksi ini dan memperoleh komisi berupa uang digital yang bisa dipakai.


Sejarah Cryptocurrency

Berdasarkan artikel pada Wikipedia, sejarah cryptocurrency dipaparkan sebagai berikut:

Pada tahun 1983, ahli kriptografi dari Amerika David Chaum menggunakan uang elektronik kriptografi yang disebut e-cash. Kemudian, pada tahun 1995, ia mengimplementasikannya melalui Digicash, bentuk awal pembayaran elektronik kriptografi yang memerlukan perangkat lunak pengguna untuk menarik catatan dari bank dan menunjuk kunci terenkripsi tertentu sebelum dapat dikirim ke penerima. Hal ini memungkinkan mata uang digital tidak dapat dilacak oleh bank penerbit, pemerintah, atau pihak ketiga mana pun.

Pada tahun1996, NSA menerbitkan sebuah makalah berjudul How to Make a Mint: the Cryptography of Anonymous Electronic Cash, menggambarkan sistemMata uang kripto yang pertama menerbitkannya di milis MIT an kemudian pada tahun 1997, in The American Law Review (Vol. 46, Issue 4).

Pada tahun 1998, Wei Dai menerbitkan deskripsi “b-money”, yang dicirikan sebagai sistem kas elektronik terdistribusi. tak lama kemudian, Nick Szabo menggambarkan bit gold. seperti bitcoin dan mata uang kripto lain yang akan mengikutinya, bit gold digambarkan sebagai sistem mata uang elektronik yang mengharuskan pengguna untuk melengkapi bukti fungsi kerja dengan solusi yang secara kriptografi disatukan dan diterbitkan. Sistem mata uang berdasarkan bukti kerja yang dapat digunakan kembali kemudian dibuat oleh Hal Finney yang mengikuti karya Dai dan Szabo.

Mata uang kripto terdesentralisasi pertama, bitcoin, diciptakan pada 2009 oleh pengembang Satoshi Nakamoto. ini menggunakan SHA-256, fungsi hash kriptografi, sebagai skema pembuktian kerjanya. Pada April 2011, Namecoin diciptakan sebagai upaya untuk membentuk DNS terdesentralisasi, yang akan membuat sensor internet sangat sulit. Segera setelah itu, pada Oktober 2011, Litecoin dibebaskan. itu adalah mata uang kripto yang sukses pertama yang menggunakan scrypt sebagai fungsi hash SHA-256. Cryptocurrency terkenal lainnya, Peercoin adalah yang pertama menggunakan hybrid proof-of-work / proof-of-stake.

Inggris mengumumkan Departemen Keuangan yang ditugaskan untuk melakukan studi mata uang kripto, dan peran apa, jika ada, yang dapat mereka mainkan dalam ekonomi Inggris. Studi ini juga melaporkan apakah regulasi harus dipertimbangkan.


Ragam Cryptocurrency

Mata uang kripto yang paling terkenal adalah Bitcoin (kode: BTC), selain BTC masih terdapat banyak mata uang kripto lainnya. Berikut merupakan beberapa daftar mata uang kripto.

No.KoinKode
1BitcoinBTC
2EthereumETH
3TetherUSDT
4XrpXRP
5ChainlinkLINK
6Bitcoin cashBCH
7Binance coinBNB
8PolkadotDOT
9LitecoinLTC
10CardanoADA
11Bitcoin svBSV
12Usd coinUSDC
13EosEOS
14MoneroXMR
15Wrapped bitcoinWBTC
16TronTRX
17StellarXLM
18TezosXTZ
19CdaiCDAI
20Crypto.com coinCRO
21OkbOKB
22Leo tokenLEO
23CosmosATOM
24NemXEM
25NeoNEO
26FilecoinFIL
27DaiDAI
28Huobi tokenHT
29VechainVET
30AaveAAVE
31IotaMIOTA
32Celsius networkCEL
33DashDASH
34UniswapUNI
35Theta networkTHETA
36ZcashZEC
37Binance usdBUSD
38Synthetix network tokenSNX
39Ethereum classicETC
40Yearn.financeYFI
41CethCETH
42MakerMKR
43UmaUMA
44Omg networkOMG
45Paxos standardPAX
46CompoundCOMP
47WavesWAVES
48OntologyONT
49DogecoinDOGE
50Ftx tokenFTT
51CusdcCUSDC
52Aave linkALINK
53KusamaKSM
54Basic attention tokenBAT
55RenREN
56RenbtcRENBTC
57HusdHUSD
580xZRX
59DigibyteDGB
60TrueusdTUSD
61Energy web tokenEWT
62ZilliqaZIL
63AlgorandALGO
64LoopringLRC
65Ocean protocolOCEAN
66Aave ethAETH
67QtumQTUM
68BlockstackSTX
69IconICX
70AmpleforthAMPL
71BittorrentBTT
72Hedera hashgraphHBAR
73DecredDCR
74QuantQNT
75Kyber networkKNC
76VitaeVITAE
77Nexus mutualNXM
78Reserve rights tokenRSR
79LiskLSK
80Aave usdcAUSDC
81ThorchainRUNE
82TerraLUNA
83Band protocolBAND
84Enjin coinENJ
85Bitcoin goldBTG
86NumeraireNMR
87ElrondEGLD
88SiacoinSC
89DecentralandMANA
90BalancerBAL
91AragonANT
92TerrakrwKRT
93GolemGNT
94StatusSNT
95SolanaSOL
96ArweaveAR
97NanoNANO
98NexoNEXO
99RavencoinRVN
100SushiSUSHI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.