Investasi di Reksadana

Bingung menempatkan dana untuk investasi? Pernah mendengar istilah Reksada? Apa itu?

Yuk kenalan sama Reksadana.

Berdasarkan Pasal 1 angka 27 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal disebutkan bahwa Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana fdari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Sedangkan Manajer Investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, definisi tersebut terdapat pada Pasal 1 angka 11 Undang-undang yang sama. 

Mudahnya, reksadana merupakan paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi dan sudah mendapatkan izin dari OJK. Nantinya Manajer Investasi akan investasi ke berbagai macam instrumen investasi.

Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Reksa Dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Selain itu Reksa Dana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia [1].

Beli reksa dana itu bagaikan membeli suatu paket investasi yang isinya ditentukan oleh ahli keuangan.

Lebih tepatnya mending pelajari lewat video ini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.